Kamis, 29 Maret 2012

10 Bandara Terbaik di Dunia

Bandar udara saat ini tidak hanya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang, tetapi lebih dari itu. Bandara dibangun menjadi satu kesatuan dengan fasilitas lain, seperti tempat belanja, tempat olahraga, hingga tempat hiburan.Bahkan di Korea Selatan, bandara di lengkapi dengan museum kebudayan yang sering menampilkan budaya-budaya setempat. Seperti apa bandara terbaik di dunia ini?
Skytrax, sebuah lembaga survei konsumen baru-baru ini memberikan penghargaan 10 bandara terbaik di dunia. Dalam pernyataannya, Chairman Skytrax Edward Plaisted mengatakan bahwa survei ini sangat kompetitif karena dilakukan terhadap 9,8 juta pengguna bandara-bandara besar dunia. “Kuesioner disebar pada 2009-2010,” katanya.
Hasilnya luar biasa, Bandara Changi muncul sebagai bandara terbaik di dunia. Ini mengalahkan bandara-bandara besar, seperti Bandara Munich dan Bandara Schiphol di Belanda. Berikut bandara-bandara terbaik dunia tersebut:
1. Bandara Changi
Bandara Changi
Jumlah penumpang per tahun: 37,2 juta
Peringkat tahun lalu: 3
Penghargaan: Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik (#1), Bandara Layanan Imigrasi Terbaik (#3), Best Airport Shopping (#3), Best International Transit Airport (#2), dan Best Airport Dining (#2)
Changi melayani penumpang lebih dari 200 tujuan dari 90 lebih maskapai penerbangan internasional. Changi juga menangani sekitar 5.000 kedatangan dan keberangkatan setiap pekan.
2. Bandara Incheon
Bandara Incheon
Jumlah penumpang per tahun: 18,7 juta
Peringkat tahun lalu: 1
Penghargaan: Best International Airport Transit (#1), Asia Airport Staff Excellence (#1), Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik (#2), Bandara dengan Pengelolaan Keamanan Terbaik (#2), Bandara dengan Kebersihan Terbaik (#2), dan Bandara dengan Toilet Terbaik (#2).
Incheon adalah bandara terbesar di Korea Selatan. Bandara ini melayani penumpang lebih dari 70 maskapai penerbangan. Tidak hanya melayani penumpang, bandara ini juga memiliki museum budaya Korea.
3. Bandara Internasional Hong Kong
Bandara Internasional Hong Kong
Jumlah penumpang per tahun: 45,5 juta
Peringkat tahun lalu: 2
Penghargaan: Best Airport Toilet (#1) dan Best Bandara Dining (#1)
Bandara Hong Kong merupakan bandara tersibuk di dunia. Bandara ini dilengkapi dengan lapangan golf sembilan lubang yang bisa digunakan pengunjung saat melewati waktu tunggu pesawat.
4. Bandara Munich
Bandara Munich
Jumlah penumpang per tahun: 32,7
Peringkat tahun lalu: 5
Penghargaan: Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik (#3), Best International Transit Airport (#3), Best Airport Dining (#3), dan Europe Staff Service Excellence (#2)
Munich adalah bandara tersibuk kedua di Jerman. Penumpang menikmati keindahan terminal mulai sejak masuk gerbang. Bandara ini dibangun dalam lansekap kota. Banyak dinding dan langit-langit terbuat dari kaca, sehingga bandara terasa besar.
5. Bandara Kuala Lumpur
Bandara Kuala Lumpur
Jumlah penumpang per tahun: 29,7 juta
Peringkat tahun lalu: 7
Penghargaan: Best Airport Immigration Service (#1) dan Airport Staff Excellence South East Asia (#1)
Kuala Lumpur terletak di koridor Malaysia selatan dan salah satu bandara tersibuk di Asia. Terminal utama tetap hijau, karena dilengkapi dengan hutan buatan. Mereka menggunakan konsep, “Bandara di hutan, hutan di bandara.”
6. Bandara Zurich
Bandara Zurich
Jumlah penumpang per tahun: 12,3 juta
Peringkat tahun lalu: 4
Penghargaan: Best Baggage Delivery (#1), Best Terminal Cleanliness (#1), and Europe Staff Service Excellence (#3)
Bandara Zurich, Swiss, terletak 11 kilometer utara dari pusat kota Zurich. Bandara ini memiliki layanan porter di mana wisatawan membayar, dan porter akan membawa barang Anda hingga tujuan akhir.
7. Bandara Schiphol
Amsterdam Schiphol
Jumlah penumpang per tahun: 43,6 juta
Peringkat tahun lalu: 8
Penghargaan: Best Airport Shopping (#2)
Bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda, dibuka pada 1916 sebagai lapangan terbang militer, dan sekarang telah berubah menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia. Sambil menunggu keberangkatan, wisatawan bisa menikmati pijat dan bermain poker di tempat kasino.
8. Bandara Internasional Beijing
Bandara Internasional Beijing
Jumlah penumpang per tahun: 65,4 juta
Peringkat tahun lalu: 17
Penghargaan: Best Airport Security Processing (#1), Best Airport Immigration Service (#2), Best Airport Cleanliness (#3), dan Asia Staff Service Excellence (#2)
Bandara Beijing merupakan bandara tersibuk di Asia dan dapat menampung hingga 78 juta penumpang per tahun. Bangunan tertinggi, terminal 3, memiliki atap yang dicat merah, warna keberuntungan China.
9. Bandara Internasional Auckland
Bandara Internasional Auckland
Jumlah penumpang per tahun: lebih dari 13 juta
Peringkat tahun lalu: 10
Penghargaan: Airport Staff Excellence Australia/Pacific (#1)
Bandara Auckland, Selandia Baru, menyediakan lebih dari 20 maskapai internasional, dan melayani 45 penerbangan take off per jam. Aukland menyediakan ribuan lapangan kerja melalui pelabuhan kargo terbesar kedua di negara itu.
10. Bandara Suvarnabhumi
Bandara Suvarnabhumi
Jumlah penumpang per tahun: 40,5 juta
Peringkat tahun lalu: 16
Penghargaan: South East Asia Staff Service Excellence (#3)
Suvarnabhumi dirancang oleh arsitek Murphy/Jahn dan dibuka pada September 2006. Bandara ini siap melayani 74 penerbangan per jam dan 45 juta penumpang dan tiga ton kargo per tahun. Terdapat 600 kamar hotel yang terletak di depan terminal.

10 Kecelakaan Minyak Tumpah Terparah di Dunia

Masih ingatkah kalian dengan kecelakaan minyak tumpah milik perusahaan minyak Australia yang mencemari lautan sekitar Nusa Tenggara yang terjadi baru-baru ini?. Tentunya masih ingat. Tragedi minyak tumpah memanglah sebuah kecelakaan serius, bagaimana tidak, kecelakaan minyak tumpah ini bisa mencemari lingkungan darat dan laut dan mengancam banyak biota yang hidup di dalamnya, selain itu juga bisa mempengaruhi rantai ekosistem yang ada di perairan tersebut. jadi tak heran jika kecelakaan minyak tumpah dianggap sebagai salah satu kecelakaan serius.
Berikut adalah daftar 10 kecelakaan minyak tumpah terbesar yang terjadi sepanjang sejarah perminyakan dunia. daftar kecelakaan ni dibuat berdasarkan banyaknya volume minyak yang tertumpah ke dalam lautan.
10. The Odyssey
Peristiwa ini terjadi pada bulan November 1988. Tanker minyak milik perusahaan Amerika serikat, Odyssey menumpahkan sebanyak 132.000 ton minyak ke lautan Nova Scotia yang berjarak 700 mil dari daratan Nova scotia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijtFssXUTUls-1xDDcofaL6x5mMGEtSk5CXJzrQViWx6-qWYcCmhyphenhyphenZqHmxIPkBechTPx_YAOMg5uXyMpt9ZfMVf2vjEaPIdnN62pJBXsvOMKyZI_oCjU7LA74oi7tqHNRlgWg3xJ-KOYVg/s1600/1.png

9. The Haven
Peristiwa yang sempat menewaskan 6 kru kapal ini terjadi pada bulan April 1991. kapal The Haven terbakar karena minyak yang dimuat tumpah ke lautan Italia. Sebanyak 145.000 ton minyak tumpah ke lautan dan 70% diantaranya terbakar di lautan lepas. Kapal The Haven sendiri akhirnya tenggelam dan dapat ditemukan kembali pada kedalaman 1640 kaki.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglEXq4SxZ_PFBaTk7qlW6kT3XUQMPZhGyAixFsAAtUUZD3b5X3FFk9REYabE_rYMDDTU9pkpU7Sy6w8KYuC5MWDAz0c4iBZX2mjvl_gDesQx8gqEbIacTdZVx1YGkPCHDcar042Bw5Q9t3/s1600/2.png
8. The Amoco Cadiz
badai besar yang menerjang kawasan lautan Brittany Prancis membuat kapal Cadiz tergoncang dan kemudian membuat muatan minyaknya tumpah ke lautan. Peristiwa yang terjadi pada tahun 1978 ini membuat 1.604.500 barel minyak mencemari lautan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2YipMFB07XAlnOXmjJAcIjSo3ORXW33pcqserI7H4DqX1PXK1yQMZcupkAoTdn_3vT6NK_yXNvFe6QiCOSbtSljzazfE7OVFra5HjXAer94Keo1pgC8tvaQ64wMGe8hoEo7Va7U1BPGLb/s1600/3.png
7. Castillo de Bellver
Pada bulan Agustus tahun 1983. Kapal Castillo de Belver meledak dan membuat kapal pecah menjadi dua, peristiwa ni menyebabkan minyak tumpah ke lautan. sebanyak 252.000 ton minyak mencemari lautan Cape town yang berjarak 24 mil dari lepas pantai.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKnR1S8WMPb8ynpcNz8gAQtOTRFX_dW6em8zBffbQehRwzxnwc3DD6bEPV3kuOPtGCEp6Pg9agrqCWLF_yrXB5zSuAJadsZZ1BQdEVRP3C3HJWQQAgHQ1WHuuQN-eZfTz7lAvJJeb2vvkg/s1600/4.png
6. ABT Summer
ABT Summer tanker, yang sedang berlayar dari Iran ke Rotterdam, menumpahkan minyak ke lautan yang akhirnya terbakar di lautan angola, sekitar 700 mil dari lepas pantai. Total ada 260.000 ton minyak yang tumpah dan menewaskan sekitar 32 kru kapal.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaGoXoWn1Fka0_3-Z6OHAo5KY53tThCDxBdT3ZVVX_cM6jCoJvwGfACyzHC9XWjibB6BiP9M9yzblocbvODQDTmxwjara4nqWxMf9dJIseK_51zA8rp-3x127eq6s3T-dWyBw_lFWXF5Fn/s1600/5.png
5. Nowruz oil field
Selama perang teluk yang pertama, banyak kejadian tabrakan kapal selama perang, Tabarakan kapal terparah terjadi pada tanggal 10 Februari 1983 dimana hal sekitar 1500 barrel minyak tumpah ke lautan setiap harinya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC-l_p9pOzuZ7gOjAMqENZbJ-TCSP53NFjfB2NtqGhlveNmSPQDpa42UZGLlxo4qzOuav8526yoil6gie-TnWUjrr8WRF0tuTYUc1mV3DyQqBlB0RcePig3FsITMO6HEGDzCFV2_HULm93/s1600/6.png
4. Fergana Valley
The Fergana Valley, salah satu daerah industri pertanian dan peternakan terpadat di daerah asia tengah dikotori oleh minyak tumpah yang berasal dari salah satu kilang minyak di daerah tersebut. Peristiwa yang terjadi pada tahun 1992 itu menyebabkan ladang dan pusat industri tercemar oleh 285.000 ton minyak.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipK1Cdhpp7j87xTDu-nZnDs-f0DlofHW0UwdrX-y0QWcq3O5Ekjw9aujfxRVWebtXrUrvFpZHf4gdPNndUtaOL6gfZau1SA5ddfiv32Jq1E_uHxjo23oZ_I-CDQ1oX_LBYI1uNjA54OJeH/s1600/7.png
3. Atlantic Empress/Aegean Captain
Pada bulan Juli 1979, sebuah kapal tanker minyak Yunani Atlantic Empress bertabrakan dengan kapal lain Laut Karibia. Bencana ini menewaskan 26 anggota kru dan menyebabkan pencemaran lingkungan oleh 287,000 ton minyak.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwWjWl2D4Ok1P8Q_os543H2DQM8ix5MVdoSN5DGHfPQsSOrQAeI4Ey29EiuTT3qnz3YC5mo6pRoc2APU5oqgVqsjoAwzP4vjG1Oaf6pbJrwxyWGIBs1GZwwUp3hb5cytyF576d56pTqj3q/s1600/8.png
2. Ixtoc I oil well
Pada bulan Juni 1979 Minyak Ixtoc I meledak di Teluk Meksiko . Platform pengeboran minyak itu kemudian terbakar dan runtuh, merobek katup tabung minyak dan membuat sulit bagi personil penyelamat untuk mengendalikan kerusakan. minyak tumpah sebanyak 454.000 ton mencemari lautan. tumpahan berlanjut sampai Maret 1980.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUCbz3uXxxnireWJUkRtNj2XVXu5wwgKHnsBXK5cFCXbljR-aP-NU8XlxT-t072OWSh0CX2eoN3aKwpi-wrugInDC8OSD4pQmMtRXiduf7Obs3eeOSxF2Dt75jHvdx4SbpmjCuvrZ-zkYs/s1600/9.png
1. Gulf War oil spill
Tumpahan minyak terburuk dalam sejarah, tumpahan minyak selama Perang Teluk memuntahkan 8 juta barel ke Teluk Persia setelah pasukan Irak membuka katup sumur minyak dan jalur pipa saat mereka mundur dari Kuwait pada tahun 1991. Ketebalan minyak yang mencemari lautan bisa mencapai 5 inchi sebanyak 1.360.000 sampai 1.500.000 ton minyak.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfBT4DsWwo1cnwx9bKS0PfvVLF-8bU4EwchkgDgkfINIh_YNgJlq0_yFqLqd0A8QwoAOGx6TbTodUV8duwGMr7H__dViI4q2pCuNjgLfsYSK32TT0Xkcm72218aEJPtTeMOuQb-RQxnv3w/s1600/10.png

10 Bandara Paling Buruk dan Kotor di Dunia

Dengan musim liburan datang banyak orang ingiin bepergian. Traveling bisa menjadi masalah, terutama jika perjalanan mereka melibatkan tujuan dengan bandara yang buruk. Artikel ini akan membuat hidup Anda lebih mudah dengan memperingatkan Anda tentang bandara udara paling kotor di dunia ini.
Berikut adalah top 10 Bandara Paling kotor di seluruh dunia:
1. Los Angeles LAX Airport

Bandara ini memiliki interior gaya 1980-an.Bandara ini butuh banyak peroimbakan.Perjalanan dari satu terminal ke lain sangat membosankan karena begitu berjubel. Satu masalah utama adalah bahwa selalu ada antrian panjang di pemeriksaan keamanan.


2. Charles de Gaulle Airport, Paris
Beberapa orang yang telah datang ke bandara ini mengolok-olok kenyataan bahwa ia berada di negara modern. Hal ini dianggap sebagai salah satu bandara terkotor dan tidak terorganisir dari semua bandara. Jika Anda terjebak dalam perjalanan sini, disarankan bahwa Anda membawa bantal sebagai tempat duduk yang ada dari logam yang menyakitkan.
Toilet sebaiknya dihindari karena kotor dan berbau busuk bisa membuat Anda muntah. Terminalnya kecil, dan pencahayannya buruk . AC di ruang penumpang tidak bekerja dan kotor.
3. JFK Airport, New York 3. JFK Airport, New York
Ketika Anda tiba di terminal 2, 3 dan 4 Anda berada dalam untuk shock kasar, ini “Gerbang ke Amerika” sangat perlu diratakan dengan tanah dan dibangun kembali.
Lantainya kotor, dan ketika Anda mencapai imigrasi Anda harus berjalan kaki telanjang yang bisa menjadi urusan trauma. Bandara tersebut kurang pencahayaan dan sangat membutuhkan pembersihan. Petugas menambah kesengsaraan Anda. Mereka sangat susah diatur dan memperlakukan para penumpang buruk.
4. Annadurai International Airport, Chennai
Ketika anda memasuki bandara ini anda akan segera merasa bahwa bandara ini dibangun dari abad sebelumnya.
Adalah bijaksana untuk membersihkan kursi sebelum Anda duduk. WC yang kotor, bau busuk yang menyiksa. Bandara ini pencahayannya remang-remang . Adalah bijaksana untuk menghindari minum dan makan di sini.
5. Tribhuvan International Airport, Katmandu
Bandara ini yang paling kacau dan sangat kotor. Di Ruang bisnis adalah jauh lebih baik tetapi tidak ada toilet.Selalu ada antrian di toilet dan bau busuk disitu. WC sebaiknya dihindari. Staf yang sama-sama tidak menyenangkan dan tidak sopan menambah kesengsaraan. Mereka juga selalu berpikiran tentang uang dan akan mencoba untuk memeras anda.
6. Moscow Sheremetyevo Airport
Terminal F tampaknya menjadi yang terakhir diperbaiki sebelum perang dingin.Terminal F memiliki bangku-bangku di mana Anda dapat meregang dan bersantai.
Mungkin keputusan yang bijaksana untuk membersihkan kursi sebelum Anda bersantai. Jangan terkejut menemukan terminal dipenuhi dengan orang-orang tunawisma. Terminal ini tampaknya menjadi surga bagi para tunawisma. Jika Anda memiliki transit lama di sini memastikan bahwa Anda membawa makanan cukup dengan Anda karena makanan bandara mahal dan tidak higienis.
7. Rio De Janeiro Airport, Brazil
Bandar udara ini kacau dan tidak teratur. Lantai harus dibersihkan.signage ini mengerikan.Anda harus berjalan jauh di bandara untuk mencari ATM dan warung makanan. Bahkan warung makan terletak di daerah yang berbau urin dan pelayanan yang tak ramah. Toko-toko lusuh dan makanannya sebaiknya dihindari.
Satu yang membuat kita bertanya-tanya, kok bisa ya Negara yang menjadi tuan rumah olimpiade berikutnya memiliki bandara yang keji …
8. Dum Dum Airport, Kolkata
Bandara ini adalah mimpi buruk traveler. Kursi dalam kondisi hina. Adalah bijaksana untuk memilih kursi di tengah daripada di sudut. Bangunan bandara dalam keadaan menyedihkan.Dinding dipenuhi dengan noda tembakau.Sikap personil keamanan lebih buruk, mereka terlihat murung. WC yang tak tertahankan, sama sekali tidak ada ventilasi dan sangat membutuhkan untuk dibersihkan.
9. Phuket International Airport, Thailand
Ini adalah salah satu bandara yang Anda harus coba hindari jika mungkin. toko sangat sedikit di sini dan kebanyakan dari mereka buka agak terlambat.Ini adalah bandara yang terhitung kecil dan belum diperbaiki mengingat sudah cuku p usia. Selalu ada kekurangan tempat duduk.
Hal ini tidak jarang melihat orang-orang berjuang untuk berebut kursi. Meskipun menjadi pusat wisata bandara ini gagal memenuhi tuntutan dasar.
10. Jakarta Soekarno-Hatta Airport,
Kebanyakan orang yang telah datang di bandara ini berpikir bahwa bandara ini adalah aib bagi Indonesia.
Pencahayaan yang buruk dan tak punya signage . WC yang kotor,dan Anda tidak perlu heran melihat kecoa dan serangga lainnya mengintai.tidak jarang melihat orang merokok dalam lokasi bandara dan puntung di tempat sampah. Selalu ada antrian panjang di imigrasi.Kondisi AC yang tidak selalu bekerja dan menambah kesengsaraan seorang penumpang yang terdampar.
perjalanan dalam rangka bisnis atau hanya berlibur, dengan daftar ini akan membantu Anda dengan rencana perjalanan Anda pada saat Anda terbang ke salah satu tempat. Beberapa bandara saat ini menjalani konstruksi sebagian dan mudah-mudahan akan lulus untuk menjadi bandara terbaik segera!

10 Penerbang Terhebat Perang Dunia II

10. Heinrich Ehrler

Mayor Heinrich Ehrler (14 September 1917 – 4 April 1945) merupakan Ace terhebat urutan ke 10 dengan rekor 208 kali menjatuhkan pesawat musuh. Ia meninggal pada tanggal 4 April 1945 dengan cara menabrakkan pesawatnya ke pesawat bomber B-17 Flying Fortress karena kehabisan amunisi setelah sebelumnya menembak jatuh 2 pesawat bomber serupa.

9. Hermann Graf

Kolonel Hermann Graf (24 Oktober 1912 – 11 April 1988) diakui sebagai Ace terhebat ke 9 dengan rekor 212 kali menjatuhkan pesawat musuh. Ia meninggal pada tanggal 11 April 1988 di kediamannya di kota Engen, Jerman karena penyakit Parkinson yang dideritanya sejak tahun 1965.

8. Heinrich Bär

Letnan Kolonel Oskar-Heinz (Heinrich) “Pritzl” Bär (25 Mei 1913 – 28 April 1957) adalah Ace terhebat urutan 8 dengan rekor 220 kali menjatuhkan pesawat musuh. Selama berperang, Heinrich 18 kali ditembak jatuh & selalu selamat sampai akhirnya ia meninggal pada tanggal 28 April 1957 akibat pesawat latih yang ia kemudikan jatuh di Braunschweig-Waggum, Jerman

7. Erich Rudorffer

Mayor Erich Rudorffer (1 November 1917 – sekarang) adalah penerbang terhebat urutan 7 dengan rekor 222 kali menjatuhkan pesawat musuh. Setelah perang, Erich menjadi instruktur sekolah penerbang, membuka pom bensin, menjadi pilot untuk PAN AM dan terakhir ia bekerja untuk maskapai Jerman Lufthansa.

6. Wilhelm Batz

Mayor Wilhelm “Willi” Batz (21 Mei 1916 – 11 September 1988) adalah Ace terhebat urutan 6 dengan rekor 237 kali menjatuhkan pesawat musuh. Selama berperang, ia tertembak jatuh sebanyak 4 kali & 3 kali terluka.

5. Walter Nowotny

Mayor Walter “Nowi” Nowotny (7 Desember 1920 – 8 November 1944) adalah Ace terhebat urutan 5 dengan rekor 258 kali menjatuhkan pesawat musuh. Sampai sekarang kematiannya masih jadi perdebatan, apakah pesawat yang ia kemudikan jatuh akibat kerusakan mesin ataukah ditembak jatuh oleh pesawat Amerika.

4. Otto Kittel

Kapten Otto “Bruno” Kittel (21 Februari 1917 – 14 Februari 1945) adalah Ace terhebat urutan 4 dengan rekor 267 kali menjatuhkan pesawat musuh. Pada tanggal 14 Februari 1945, ia berhasil menembak & merusak pesawat Soviet. Karena pesawat tersebut belum jatuh, ia mencoba mengejar pesawat itu. Namun justru pesawatnya ditembak oleh pesawat Soviet lain & kemudian terbakar & meledak sebelum ia sempat membuka parasut.

3. Günther Rall

Letnan Jenderal Günther Rall (10 Maret 1918 – 4 Oktober 2009) adalah Ace terhebat urutan 3 dengan rekor 275 kali menjatuhkan pesawat musuh. Günther selama berperang telah 8 kali ditembak jatuh & 3 kali terluka. Ia meninggal di rumahnya pada tanggal 4 Oktober 2009 setelah 2 hari sebelumnya mengalami serangan jantung.

2. Gerhard Barkhorn

Letnan Jenderal Gerhard “Gerd” Barkhorn (20 Maret 1919 – 8 Januari 1983) adalah runner-up Ace terhebat dengan rekor 301 kali menjatuhkan pesawat musuh. Pada tanggal 6 Januari 1983, Gerdhard & istrinya, Christl, mengalami kecelakan mobil. Christl meninggal seketika, Gerdhard meninggal 2 hari kemudian.

1. Erich Hartmann

Erich Alfred “Bubi” Hartmann (19 April 1922 – 20 September 1993) adalah Flying Ace terhebat sepanjang sejarah dengan rekor 352 kali menjatuhkan pesawat musuh. Dijuluki “Black Devil” oleh tentara Soviet karena kemampuannya menghabisi pesawat musuh sebanyak 352 kali, 345 diantaranya pesawat Soviet! Ia menjalani 1.404 misi & 825 pertempuran udara & tidak pernah sekalipun ditembak jatuh oleh lawan. Bravo!

10 Kecelakaan Pesawat Terbang Paling Tragis

Tidak ada kecelakaan mobil yang begitu menakutkan atau mematikan seperti kecelakaan pesawat, meski banyak terjadi setiap hari. Berikut ini adalah daftar sepuluh kecelakaan pesawat terbang yang paling banyak menimbulkan korban tewas dalam sejarah. Tidak termasuk bencana yang disebabkan oleh bom.
10. Korean Airlines Penerbangan 007, 1983
Lokasi: Laut Okhatsk dekat Pulau Moneron, Uni Soviet
Meninggal: 269 orang
Selamat: -

Pesawat Korean Airlines Penerbangan 007 sedang dalam perjalanan dari New York ke Seoul dengan transit di Anchorage, Alaska. Akibat kesalahan sistem navigasi, penerbangan dari Anchorage menuju Seoul menyimpang sedikit ke Utara, tidak lama setelah lepas landas.
Setelah menyadari melalui jalur yang salah, kru pesawat mencoba mengembalikan ke jalur yang benar. Saat itu, pesawat berada di atas pangkalan militer Uni Soviet. Korean Airlines 007 memang tak seharusnya melewati pangkalan Soviet, melainkan melewati Samudra Pasifik dan Jepang.
Tragisnya hubungan kedua negara adidaya itu (AS dan Uni Soviet) sedang tidak baik. Radar Uni Soviet mengira bahwa Korean Airlines 007 adalah pesawat mata-mata Amerika Serikat. Soviet lalu mengirim beberapa pesawat Sukhoi Su-15 untuk menembaknya. Setelah ditembak, api menyala di bagian belakang pesawat. Kemudian, pesawat itu tidak seimbang dan menjadi dua bagian. Pesawat lalu jatuh ke laut Okhatsk 12 menit kemudian. Peristiwa ini menewaaskan 240 penumpang dan 29 awak. Kecelakaan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Korea Selatan.

9. American Airlines Penerbangan 191, 1979
Lokasi: Bandara O’Hare, Des Plaines, AS
Meninggal: 273 orang, termasuk 2 jiwa di darat
Selamat: -

American Airlines Penerbangan 191 adalah sebuah pesawat Mcdounnall Douglas DC-10 yang jatuh di kompleks Chicago. llinois, Amerika Serikat saat hendak lepas landas dari Bandara Internasional O’Hare pada 25 Mei 1979. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpangnya yang berjumlah 258 orang dan 13 awak ditambah 2 orang di darat, dan hingga kini merupakan kecelakaan pesawat terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.
Pesawat tersebut sedang dalam perjalanan dari Chicago menuju Los Angeles dan telah bersiap untuk lepas landas. Saat lepas landas (tepatnya ketika rotate – menaikan hidung pesawat), mesin kiri pesawat terayun-ayun dan terlepas. Ketika terlepas, mesin tersebut mengenai bagian depan sayap dan merusak sistem hidrolik pesawat secara keseluruhan.
Ketika menyadari apa yang terjadi, pilot melambatkan kecepatan pesawat. Pesawat tersebut menjadi miring ke kiri dan jatuh di lapangan kosong dekat tempat parkir trailer di ujung landasan. Puing-puing mesin kiri pesawat ditemukan berceceran di landasan pacu sesaat setelah pesawat tersebut jatuh.
8. Iran Airlines Penerbangan 655, 1988
Lokasi: Teluk Persia
Meninggal: 290 orang
Selamat: -

Iran Airlines Penerbangan 655 (IR655) adalah pesawat Airbus A300 komersial yang ditembak jatuh oleh rudal kapal perang AS USS Vincennes pada 3 juli 1988, di atas Selat Hormuz, pada akhir masa perang Iran-Irak. Pesawat ini sedang terbang dari Bandara Abbas Iran ke Dubai Uni Emirat Arab ketika dihancurkan oleh rudal AS. Kejadian ini menewaskan seluruh 290 penumpang dan awak kapal, termasuk 66 anak-anak. Ini adlah angka kematian tertinggi dari semua insiden penerbangan di Samudra Hindia dan semua insiden yang melibatkan Airbuss A300 di dunia.
Saat itu Vincennes sedang melewati Selat Hormuz, di dalam wilayah perairan Iran, dan saat serangan, IR655 juga dalam berada dalam wilayah udara Iran. Menurut pemerintah AS, para kru mengidentifikasi IR655 sebagai pesawat tempurF-14 Tomcat. Sedangkan menurut pemerintah Iran, Vincennes sengaja menembak jatuh pesawat sipil.
Pada tahun 1996, Amerika Serikat dan Iran mencapai kesepakatan dalam penyelesaian yang terkait dengan insiden itu di Mahkamah Internasional. AS setuju untuk membayar US$ 61.800.000 sebagai kompensansi kepada keluarga korban Iran. Namun secara resmi, AS tidak pernah mengaku bersalah atau meminta maaf kepada Iran.

7. Air Afrika Crash, 1996
Lokasi: Kinshasa, Republik Demokratik Congo
Meninggal: kurang lebih 300 orang, termasuk 2 awak pesawat
Luka parah: 253 orang

Ini adalah kecelakaan pesawat udara paling mematikan bagi orang di darat. Tidak banyak informasi tentagn kecelakaan ini, mungkin karena lokasi dan ilegalitas. Pesawat kargo yang disewa dari Rusia ini, dalam kondisi kelebihan beban, mungkin membawa senjata untuk kelompok militer Angola. Saat tingal landas, pesawat tidak mencapai kecepatan yang tepat, namuntetap berusasha untuk terbang. Akhirnya, pesawat menabrak pasar di dekatnya dan meledak dalam bola api, membunuh sekitar 300 orang, termasuk 2 awaknya dan 253 luka parah.
6. Saudi Penerbangan 163, 1980
Lokasi: Riyadh, Arab Saudi
Meninggal: 301 orang
Selamat: -

Enam menit setelah Saudia 163 Airlines lepas landas dari Riyadh, terdengar peringatan tentang asap di dalam kompartemen kargo. Para kru menghabiskan empat menit untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan, lalu akhirnya kembali ke bandara.
Kerusakan akibat api memaksa mereka untuk mematikan mesin bagian tengah. Pesawat mendarat dengan selamat, tetapi pesawat terus bergulir di landasan, menjauh dari kendaraan darurat yang sedang menantinya. Akibatnya, penyelamatan pun terlambat. Ditambah lagi, pintu-pintu tidak dapat dibuka oleh petugas penyelamat sampai lima belas menit setelah pendaratan. Akibatnya, semua penumpang dan awak pesawat meninggal karena menghirup asap selama awal evakuasi. Setelah kejadian ini, sumber api masih belum dapat diketahui.
5. Iran IIyushin II-76, 2003
Lokasi: dekat Kerman, Iran
Meninggal: 302 orang
Selamat: -

Photo: militaryfactory.com
Kecelakaan Iran IIyushin II-76 adalah kecelakaan pesawat paling mematikan di Iran. Kecelakaan yang terjadi tanggal 19 Februari 2003 ini, menewaskan 302 orang, kebanyakan dari mereka anggota Garda Revolusi Iran. Kecelakaan ini memiliki sedikit sekali informasi. Laporan resmi mengatakan penyebab dari kecelakaan ini adalah akibat cuaca buruk, yaitu angin kencang dan kabut tebal. Beberapa sumber berspekulasi bahwa kecelakaan itu mungkin akibat tabrakan di udara, masalah mekanis, atau aksi teroris.
4. Turkish Airlines Penerbangan 981, 1974
Lokasi: Ermenonville, dekat Senlis, Prancis
Meninggal: 346 orang
Selamat: -

Turkish Airlines Penerbangan 981 adalah kecelakaan pesawat dengan angka kematian tertinggi di Prancis dan angka kematian tertinggi dari semua kecelakaan pesawat DC-10 di dunia.
Tanggal 3 Maret 1974, pesawat ini terbang dari Paris menuju London. Ketika terbang di atas kota Meaux, Prancis, terdengar suara ledakan dari pintu kargo belakang. Kemudian lantai kabin diatas kargo runtuh, menghancurkan kendali pesawat. Para pilot berjuang untuk mengendalikan pesawat selama 72 detik sebelum akhirnya jatuh di hutan. Pesawat pun hancur dan menewaskansemua penumpang serta awaknya. Penyebab dari kecelakaan ini adalah akibat kerusakan pintu kargo belakang.
3. Tabrakan Udara di Charki Dadri, 1996
Lokasi: Charkhi Dadri, India
Meninggal: 349 orang
Selamat: -

Pada 12 November 1996, Kazakhstan Airlines penerbangan 1907 yang membawa 27 penumpang dan 10 kru akan mendarat di bandara Delhi, India. Kru kokpit memiliki keterbatasan berbahasa Inggris sehingga mereka hanya mengandalkan operator radio Kazakhstan. Saat itu, pesawat aman untuk turun hingga ketinggian 4.600 kaki, tetapi operator radio gagal menginformasikan kepada kru tetap pada ketinggiannya, pesawat pun terus mengurangi ketinggiannya.
Sementara, Saudi Arabian Airlines Boeing 747 yang membawa 312 penumpang lepas dari bandara Delhi dan mengarah ke pesawat Kazakhstan. Kru pesawat diinformasikan aman hingga ketinggian 4.300 kaki. Pada saat yang sama, pesawat Kazakhstan telah turun melewati ketinggian 4.300 kaki, dan pastilah pesawat ini melintas di bawah pesawat Arab Saudi. Namun celakanya, operator Kazakhstan baru menginformasikan kru agar tetap pada ketinggian 4.600 kaki. Secara otomatis, kru pesawat menaikkan lagi pesawatnya, hingga akhirnya tabrakan pun tak bisa dihindari. Semua penumpang kedua pesawat, yaitu 349 orang tewas. Ini merupakan tabrakan di udara paling mematikan dalam sejarah penerbangan.

2. Japan Airlines Penerbangan 123, 1985
Lokasi: Ueno, Jepang
Meninggal: 520 orang
Selamat: 4 orang

Japan Airlines Penerbangan 123, sebuah Boeing 747, jatuh di gunung Takamagahara 100 km dari Tokyo, pada 12 Agustus 1985. Kecelakaan pesawat ini merupakan yang terparah dalam sejarah. Seluruh 15 awak pesawat meninggal, dan 505 dari 509 penumpang meninggal.
Kecelakaan disebabkan oleh bagian ekor pesawat yang lepas sekitar 12 menit setelah lepas landas, akibatnya pecahnya dinding penyekat bagian buritan. Terlepasnya bagian ekor ini merusak sistem hidrolik pesawat secara keseluruhan, mengakibatkan pesawat hanya melayang-layang “tak terkontrol” selama sekitar 30 menit sebelum akhirnya jatuh.
Sebenarnya, pilot mencoba mencari tempat mendarat darurat. Mula-mula kembali ke Bandara Haneda di Tokyo, tempat pesawat ini lepas landas. Ketika pesawat semakin tidak terkendali, pilot mencoba terbang menuju pangkalan militer Amerika Serikat di Yokota. Namun semua usaha tersebut sia-sia.
1. Musibah Tenerife, 1957
Lokasi: Bandara Tenerife, Kepulauan Canary
Meninggal: 582 orang
Selamat: 61 orang

Pada 27 Maret 1977, dua Boeing 747 bertabrakan di Bandara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary. Pesawat yang terlibat, yaitu Pan Am Pnerbangan 1736 dan KLM Penerbangan 4805. KLM melakukan lepas landas di satu-satunya bandara tersebut tanpa izin dari Air Traffic Controller (ATC). Pada saat yang sama, Pan Am sedang menyeberangi landasan yang sama untuk bersiap berangkat. Pilot KLM sempat memaksa pesawatnya lepas landas, namun baru menempuh 30 meter pesawatnya menabrak Pan Am.
Jumlah korban tewas dari pesawat Pan Am adalah semua 234 penumpang dan 14 awaknya, sedangkan Pan Am 9 dari 16 awak tewas dan 265 dari 317 penumpang tewas. Kecelakaan ini merupakan peringkat tertinggi kematian manusia dalam sejarah penerbangan.
Investigasi menunjukkan bahwa, selain usaha lepas landas KLM tanpa izin ATC, kecelakaan ini disebabkan juga oleh kebingungan pilot kedua pesawat oleh intruksi ATC yang berlogat Spanyol, serta pilot KLM tidak menggunakan bahasa standar penerbangan sehingga membingunkan ATC. Selain itu, peralatan komunikasi dan lainnya juga tidak memadai untuk mengawasi pergerakan pesawat. Kondisi ini diperparah oleh kabut tebal yang melanda daerah itu.